Pohon vs Binatang

Pada suatu hari ada sebuah pohon besar yang sangat subur. Pohon itu sangat tinggi, memiliki ranting yang panjang dan daun yang sangat lebat sehingga para binatang senang sekali berteduh dibawahnya. Singa, beruang, dan binatang buas lainnya berterima kasih kepada sang pohon karena selalu memberikan keteduhan dibawah teriknya matahari. Suatu ketika sang pohon berpikir: saya selalu menolong mereka (binatang); saya memberikan keteduhan, kenyamanan dan tempat nongkrong untuk mereka, tapi apakah saya pernah diberi pertolongan oleh mereka?. Sang pohon pun bertanya kepada binatang: “hey singa, beruang, selama ini saya telah memberikan banyak pertolongan kepada kalian, tapi apa imbalannya buat saya, pertolongan apa yang bisa kalian berikan kepadaku?”. Para binatang pun tidak bisa menjawab. Sang pohon pun lalu mengusir para binatang karena dianggap tidak bisa membalas pertolongan yang ia beri. Keesokan harinya, seorang penebang kayu melewati pohon itu. Ia pun lalu berkata pada dirinya: “Wah ini hari keberuntunganku, sudah lama aku ingin menebang pohon ini tetapi selalu ada hewan buas yang menjaganya. Ini saat yang tepat buatku untuk menebangnya”. Penebang itu pun lalu mengeluarkan kapaknya dan mulai menebang pohon itu. Sang pohon pun menjerit kesakitan dan merengek: “Singaaa…. Beruaaaang… Tolonglah dirikuuu”. Sayangnya binatang-binatang itu sudah jauh meninggalkan sang pohon karena telah diusir olehnya. Sang pohon pun akhirnya tumbang.

Moral yang bisa diambil dari cerpen ini adalah, janganlah kalian pamrih bila memberi pertolongan karena menolong orang lain berarti menolong dirimu sendiri.

*diambil dari cerita seorang ustad :D.

Leave a comment